Minggu, 08 Mei 2011

Pembangunan Daerah


PEMBANGUNAN DAERAH

Definisi Pembangunan Ekonomi
Seringkali istilah pembangunan ekonomi di samakan dengan istilah pertumbuhan ekonomi. Sebenarnya kedua istilah itu memiliki arti yang sedikit berbeda. Kalau pertumbuhan ekonomi lebih mengarah kepada suatu tingkat perkembangan suatu Negara yang diukur melalui presentasi pertambahan pendapatan nasional riil. Maka pembagunan ekonomi ialah pertumbuhan ekonomi yang diikuti oleh perubahan perubahan dalam struktur dan corak kegiatan ekonominya. Dalam hal ini, dalam mengatrikan istilah pembangunan nasional, ahli ekonomi bukan hanya tertarik kepada masalah perkembangan pendapatan nasional riil saja tetapi juga kepada modernisasi kegiatan ekonomi. Misalnya masalah pembangunan dan pengembangan daerah misalnya ialah dengan merombak sector pertanian yang tradisional menjadi modern. Dan yang akan dibahas dalam pembahasan kali ini menitik beratkan pada masalah pembangunan daerah.


Definisi Pembangunan Daerah
Pembangunan Daerah merupakan suatu usaha yan g sistematik dari pelbagai pelaku, baik umum, pemerintah, swasta, maupun kelompok masyarakat lainnya pada tingkatan yang berbeda untuk menghadapi saling ketergantungan dan keterkaitan aspek fisik, social ekonomi dan aspek lingkungan lainnya sehingga peluang baru untuk meningkatkan kesejahtaraan masyarakat daerah dapat ditangkap secara berkelanjutan. Hal ini dapat ditempuh dengan cara:
·         Secara terus menerus menganalisis kondisi dan pelaksanaan pembangunan daerah.
·         Merumuskan tujuan dan kebijakan pembangunan daerah
·         Menyusun konsep straregi bagi pemecahan masalah (solusi)
·         Melaksanakannya dengan menggunakan sumber daya yang tesedia

Tujuan Pembangunan Daerah
Tujuan dilakukannya pembangunan daerah diantaranya ialah:
·         Mengurangi disparsi atauy ketimpangan pembangunan antara daerah dan sub daerah serta antara warga masyarakat (pemerataan dan keadilan).
·         Memberdayakan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan
·         Menciptakan atau menambah lapangan kerja.
·         Meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat daerah.
·         Mempertahankan atau menjaga kelestarian sumber daya alam agar bermanfaat bagi generasi sekarang dan generasi berkelanjutan.

Masalah Pembangunan Daerah di Negara Berkembang
Beberapa masalah yang menghambat terwujudnya pembangunan di Negara berkembang diantaranya adalah:
·         System pertanian yang masih tradisional
Terbatasnya modal, pengetahuan, infrastruktur pertanian, dan aplikasi teknologi modern dalam kegiatan pertanian menyebabkan sector ini menjadi sangat rendah produktivitasnya dan seterusnya mengakibatkan tingkat pendapatan para petani tidah banyak bedanya tingkat subsisten.

·         Kurangnya Dana Modal dan Modal Fiskal
Kekurangan modal adalah salah satu cirri penting dari setiap negara yang memulai pembangunan.dan kekurangan ini bukan saja mengurangi kepesatan pembangunan perekonomian yang dapat dilaksanakan, tetapi juga menyebabkan kesukaran terhadap Negara tersebut untuk keluar dari keadaan kemiskinan.

·         Peranan Tenaga Terampil dan Berpendidikan
Tersedianya modal saja belum cukup untuk memodernkan suatu perekonomian. Pelaksananya harusa ada. Dengan kata lain dibutuhkan berbagai golongan tenaga kerja yang terdidik.

·         Pesatnya Perkembangan Penduduk
Penduduk yang pesat di suatu Negara juga menjadi penghambat terealisasinya pembangunan nasional. Sehingga yang harus dilakukan adalah menghambat tingkat pertumbuhan penduduk yang pesat tersewbut. Salah satunya ialah dengan mencanangkan program keluarga berencana.

Kebijakan Mempercepat Pembangunan
·         Kebijakan diversifasi kegiatan ekonomi
·         Mengembangkan infrastruktur
·         Meningkatkan tabungan dan investasi
·         Meningkatkan taraf pendidikan masyarakat
·         Mengembangkan institusi yang mendorong pembangunan
·         Merumuskan dan melaksanakan perencanaan ekonomi

Source: “Makroekonomi”, Sadono Sukirno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar