Jumat, 25 Februari 2011

PEMBANGUNAN EKONOMI


Ekonomi Pembangunan

Definisi

Adalah merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dalam rangka mengembangkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat suatu negara. Hingga pendapatan perkapita suatu negara dapat bertambah dalam jangka waktu yang panjang
Pembangunan Ekonomi di dalam suatu negara ditandai dengan meningkatnya pendapatan total dan pendapatan per kapita suatu negara dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara.



Keterkaitan Antara Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi

antara pertumbuhan ekonomi dengan pembangunan ekonomi saling berkaitan satu sama lain. Salah satu unsur pendorong dari pertumbuhan ekonomi adalah pembangunan ekonomi. Sementara yang memperlancar proses pembangunan itu sendiri ialah pertumbuhan ekonomi.
Sehingga dapat dikatakan keduanya memiliki hubungan yang erat.
Dalam hal lain dapat dikatakan bahwa pertumbuhan ekonomi lebih menekankan kepada proses pertumbuhan kapasitas produksi suatu perekonomian, yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Dan hal itu mengindikasikan tarjadinya suatu pembangunan ekonomi.


Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi

Beberapa Faktor yang menyebabkan terjadinya pertumbuhan dan pembangunan ekonomi adalah sebagai berikut;
  • Faktor Ekonomi
    Faktor ekonomi yang memengaruhi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi diantaranya adalah sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, dan keahlian atau kewirausahaan.
    SDA, yang meliputi tanah dan kekayaan alam seperti kesuburan tanah, keadaan hasil hutan, tambang , cuaca , dan hasil laut, sangat memengaruhi pertumbuhan industri suatu negara, terutama dalam hal penyediaan bahan baku produksi. Sementara itu, keahlian dan kewirausahaan dibutuhkan untuk mengolah bahan mentah dari alam, menjadi sesuatu yang memiliki nilai lebih tinggi (disebut juga sebagai proses produksi) selain ituSumber daya manusia juga menentukan keberhasilan pembangunan nasional melalui jumlah dan kualitas penduduk. Sementara itu, Sunber Daya Modal dibutuhkan manusia untuk mengolah bahan mentah tersebut. Pembentukan modal dan investasi ditujukan untuk menggali dan mengolah kekayaan. Sumber daya modal berupa barang-barang modal sangat penting bagi perkembangan dan kelancaran pembangunan ekonomi karena barang-barang modal juga dapat meningkatkan produktivitas.

  • Faktor Non Ekonomi
    Faktor nonekonomi mencakup kondisi sosial kultur yang ada di masyarakat, keadaan politik kelembagaan, dan sistem yang berkembang dan berlaku.
Pembangunan Ekonomi di Indonesia
Pembangunan ekonomi di indonesia telah dlakukan sejak zaman orde lama, meskipun saat itu masih tersendat sendat karena masalah politik dan masalah kenegaraan yang belum mantap.
Setelah masa orde baru, barulah Indonesia mencapai hasil yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Meskipun ada pula beberapa kelemahan pembangunan ekonomi pada masa ini. Diantaranya adalah:
  • baham bahan dasar industri banyak yang harus di impor
  • hasil hasil pembangunan yang kurng merata
  • sistem lembaga keuangan (Bank) yang belum mantap
  • ketergantungan pembiayaan pada pinjaman luar negeri.


sumber:
http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/2031411-permasalahan-pembangunan-ekonomi-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar