Kamis, 10 Februari 2011

pengetahuan


Manfaat Dibalik Daun Sukun

Tahukah anda tentang tumbuhan sukun?.  Sukun, merupakan tumbuhan dalam genus Artocarpus yang tumbuh di daerah yang lembab dan panas di sekitar Asia Tenggara dan Kepulauan Pasifik.Selama ini kita banyak mengenal tumbuhan sukun terutama dari buahnya yang hampir semua orang mungkin pernah mengkonsumsi buah ini dalam berbagai jenis olahannya. Buah sukun dengan nama latin Artocarpus altilis atau Artocarpus communis adalah merupakan jenis buah yang dapat diolah menjadi berbagai jenis panganan, dari mulai digoreng sampai dengan dibuat menjadi tepung sukun untuk dapat diolah lagi menjadi berbagai macam jenis kue. Bahkan tidak jarang buah sukun yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan dapat menjadikan lahan bisnis yang menguntungkan bagi orang orang yang dapat membaca keinginan pasar.
Manfaat Daun Sukun
Namun dibalik itu semua, tahukah anda jika daun sukun yang selama ini terlihat tidak berguna, bahkan seringkali dikesampingkan, mengingat orang orang lebih mengambil manfaat dari buahnya. Ternyata daun sukun memiliki khasiat yang luar biasa dalam bidang kesehatan.
Kandungan Dalam Daun Sukun
Melalui hasil penelitian daun sukun bermanfaat untuk penyakit ginjal, menurunkan kadar kolestrol dalam darah serta jantung. Bahkan menurut hasil uji khasiat ekstrak daun sukun oleh Pusat Penelitian Kimia LIPI diketahui bahwa daun sukun mengandung flavonoid dan sitosterol yang berkhasiat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.
Daun sukun memiliki beberapa kandungan zat kimia yang membawa manfaat bagi kesehatan diantaranya ialah astilkolin, tanin, asam hidrosianat dan riboflavin yang dinyatakan mampu mengatasi peradangan dan penyakit ginjal.
Daun Sukun Sebagai Obat
Berbagai manfaat diatas tentunya kita mendapatkan pengetahuan baru seputar daun sukun sebagai salah satu obat obatan herbal dengan berbagai khasiat penyembuhan pada berbagai jenis penyakit. Lalu bagaimana cara tepat mengkonsumsinya agar kandungan kimia yang terdapat didalamnya dapat tetap membawa manfaat untuk mengobati penyakit tertentu.
Bagi poenderita penyakit ginjal.  Langkah pertama ialah, cuci sampai bersih 3 lembar daun sukun yang berwarna hijau tua (untuk mendapatkan manfaat dari kandungan kimia yang masksimal). Kemudian Rajang dan jemur hingga kering dan tidak lagi ada kandungan air di dalamnya. Kemudian rebuslah daun sukun kering tersebut bersama 2 liter air hingga mendidih. Lalu pada saat air yang tersisa tinggal separuh. Masukan lagi 1 liter air dan didihkan lagi hingga separuh. Kemudian saring dan minum satu gelas sehari.
Dalam pengolahannya, daun sukun akan membawa manfaat yang maksimal jika langsung diminum dan tidak didiamkan dalam waktu yang lama. Sehingga perebusan harus dilakukan setiap kali air rebusan hendak dikonsumsi.
Selamat mencoba…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar