Jumat, 11 Februari 2011

Pengetahuan


PENGARUH MUSIK DAN KECERDASAN

Tahukah anda bahwa musik ternyata sangat berperan bagi pembentukan kecerdasan seorang anak. Seorang anak yang mengenal music sejak usia dibawah 10 tahun, akan memiliki perkembangan intelegensi dan perkembangan emosi yang baik. Mereka akan memiliki kepekaan yang baik dengan lingkungan sekitarnya.
Musik dapat membantu seorang anak dalam mengekspresikan dirinya. Misalnya dengan cara bermusik sambil menari, bernyanyi ataupun bertepuk tangan. Hal ini dapat membentuk seorang anak menjadi pribadi yang dapat mengontrol emosinya. Sehingga saat emosinya sedang bergejolak maka ia akan menyalurkannya melalui musik.
Yang dimaksud dengan musik diatas ialah musik dengan irama yang teratur, bukan musik bernada keras yang membuat bising. Musik yang teratur tidaklah semata mata hanya dapat di perdengarkan melalui alat alat music pada umumnya. Dengan bersenandung pun kita dapat menghasilkan music dengan irama yang teratur.
Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa music dapat memberikan rangsangan yang kaya untuk perkembangan secara kognitif.
Menurut hasil penelitian Hasil penelitian Herry Chunagi (1996) Siegel (1999), yang didasarkan atas teori neuron, menjelaskan bahwa neuron akan menjadi sirkuit jika ada rangsangan musik, rangsangan yang berupa gerakan, elusan, suara mengakibatkan neuron yang terpisah bertautan dan mengintegrasikan diri dalam sirkuit otak. Semakin banyak rangsangan musik diberikan akan semakin kompleks jalinan antarneuron itu. Itulah sebenarnya dasar adanya kemampuan matematika, logika, bahasa, musik, dan emosi pada anak.

Oleh karena itulah, tidak ada salahnya untuk mulai memperkenalkan anak dengan musik sejak usia dini. Bahkan ketika seorang anak masih berada di dalam kandungan sekalipun. Karena ternyata music sangat berpengaruh baik terhadap kecerdasan seorang anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar