Jumat, 18 Maret 2011

Pengetahuan

Bahaya Tidur Terlalu Larut

tahukan anda bahwa tidur yang baik mampu menciptakan kualitas kehidupan yang baik.beberapa orang sering kali mengabaikan hal ini sekalipun untuk alasan loyalitas terhadap pekerjaannya. banyak orang yang merelakan waktu efektif tidurnya demi mengerjakan tugas tugas ataupun masalah masalah lainnya yang dianggap penting demi mendapatkan hasil yang terbaik. namun tahukah mereka bahwa dengan mengabaikan waktu efektif tidur anda, jangankan untuk memperoleh hasil terbaik. dapat terjadi sebaliknya. jadi mungkin anda butuh manajemen waktu yang lebih baik untuk mengatur waktu antara pekerjaan agar tidak serta merta mengganggu waktu tidur anda. 
berikut adalah bahayanya. bagi orang orang yang sering tidur terlalu larut ataupun sering tidur dalam waktu kurang dari 8-9 jam.
Ssistem tubuh kita memiliki jadwal yang sudah tertentu di dalam melakukan proses pembuangan racun yang ada didalamnya, dan sistem ini akan berjalam setiap malam disaat kita tidur. sehingga dengan intensitas tidur yang baik setiap harinya maka secara tidak langsung kita sudah berupaya untuk memaksimalisasi efektifitas pembuangan racun yang ada di tubuh kita. sehingga bila waktu waktu itu terabai. akan menyebabkan dampak dampak sebagai berikut:


mudah terserang penyakit
seseorang yang sering tidur terlalu larut ataupun bangun terlalu siang sehingga siklus tidur kurang teratur akan menyebabkan menurunnya imunitas di dalam tubuh mereka. sehingga sangat mudah baginya untuk terserang  ataupun tertular penyakit. selaim itu mereka akan juga dengan mudah terkena infeksi, juga rentan terhadap hawa dingin

mudah menangis
sering kali orang menganggap bahwa perasaan perasaat tidak nyaman, karena ketidakstabilan emosi sehingga menyebabkan seseorang menjadi lebih mudah marah dan menangis khususnya pada wanita adalah pengaru dari masa masa premestruasi yang dialami setiap bulannya. namun siapa sangka bahwa ketidakstabilan emosi yang mereka alami juga dapat dipicu oleh kurangnya waktu tidur mereka.
Studi juga menunjukkan, saat kita kurang tidur, kita lebih sering merasa sedih karena otak lebih banyak menyimpan memori negatif ketimbang ingatan yang membahagiakan. Tak heran jika orang yang kurang tidur terlihat seperti orang depresi.

memicu penyakit diabetes
Studi yang dilakukan Universitas Chicago juga menemukan ‘menutup mata’ kurang dari 7 jam bisa meningkatkan produksi kortisol atau hormon stres. Bahkan pada sore dan malam hari dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah dan glukosa darah sehingga bisa memicu terjadinya hipertensi, penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

terlihat lebih tua
hal ini mungkin menjadi bagian yang paling ditakuti khususnya bagi kaum wanita. namun tahukah anda bahwa tidur yang kurang dari 8 jam akan membuat tubuh akan meningkatkan produksi kortisol yang akan memperlambat produksi kolagen. padahal kolagen sangat dibutuhkan kulit kita untuk mencegah keriput. sehingga efeknya saat kurang tidur seseorang akan terlihat lebih pucat, lusuh dan lelah.

Mudah Gemuk

kurang tidur akan menyebabkan seseorang menjadi mudah lapar. hal ini disebabkan karena saat kurang tidur tubuh aka lebih banyak memproduksi hormon ghrelin (hormon penabah napsu makan) lebih banyak jika dibandingkan dengan kebalikannya hormon leptin. sehingga anda akan selalu merasa lapar dan akan selalu menginginkan makanan yang berlemak dan berkarbohidrat tinggi. yang lama kelamaan akan memicu naiknya bobot tubuh.
 Dalam penelitian yang dilakukan pada orang kembar identik oleh University of Washington menemukan, mereka tidur 7-9 jam setiap malam, rata-rata indeks massa tubuh 24,8, hampir 2 poin lebih rendah daripada rata-rata Body Mass Index (BMI) mereka yang kurang tidur.

jadi, mulai sekarang aturlah kembali jadwal anda agar tidak mengganggu waktu tidur anda.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar