Rabu, 09 Maret 2011

Pengangguran


PENGANGGURAN

Definisi
Pengangguran merupakan seseorang yang berada dalam usia kerja yaitu antara 15 sampai 64 tahun yang tidak bekerja ataupun sedang mencari pekerjaan dan belum mendapatkannya. Ibu rumah tangga, siswa SMP, siswa SMA dan mahasiswa perguruan tinggi yang karena sesuatu hal tidak membutuhkan atau belum membutuhkan pekerjaan juga merupakan contoh pengangguran.
Pengangguran disebabkan karena jumlah angkatan kerja, atau para pencari kerja, tidak sebanding dengan lapangan kerja yang tersedia.
Pengangguran menyebabkan produktivitas masyarakat berkurang sehingga dapat menyebabkan banyak timbuknya kemiskinan dan masalah social lainnya. Yang dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan kekacauan politik dan social sehingga mengganggu pertumbuhan dan pembangunan ekonomi sehingga mengakibatkan menurunnya GNP dan pendapatan perkapita suatu nagara

Jenis Jenis Pengangguran
1.      Pengangguran friksional
Adalah merupakan pengangguran yang bersifat sementara yang disebabkan karena adanya kendala waktu, informasi, dan keadaan geografis antara pelamar kerja dan dan pembuka lamaran pekerjaan.

2.      Pengangguran Musiman
Adalah suatu keadaan dimana seseorang harus sementara menganggur, karena adanya fluktuasi kegiatan ekonomi jangka pendek. Contohnya ialah petani yang menanti musim tanam dll.

3.      Pengangguran Siklikal
Adalah merupakan jenis pengangguran yang disebabkan karena adanya imbas dari naik turunnya siklus ekonomi sehingga permintaan tenaga kerja lebih rendah daripada penawaran kerja.

4.      Pengangguran Struktural
Adalah suatu keadaan dimana penganggur yang mencari lapangan pekerjaan tidak mampu memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh pembuka lapangan pekerjaan. Semakin maju perekonomian suatu daerah akan meningkatkan kebutuhan akan sumber daya manusia yang memiliki kualitas yang lebih baik dari  sebelumnya.

Cara Menghitung Tingkat Pengangguran

Untuk mengukur tingkat pengangguran yang terjadi pada suatu daerah dapat dihitung dengan menggunakan rumus :
Jumlah penganggur / jumlah angkatan kerja dalam suatu daerah × 100%

Tidak ada komentar:

Posting Komentar