Jumat, 24 Desember 2010

BISNIS ONLINE

BERBISNIS DALAM DUNIA MAYA

Sebagai suatu kegiatan dalam rangka memperoleh keuntungan maksimal, sementara persaingan dalam di dunia bisnis semakin ketat dari masa kemasa. Tentunya demi mempertahankan eksistensi bagi seorang pebisnis dalam mempertahankan usahanya selain perlunya persiapan matang secara teoritis sebelum memasuki dunia usaha. Tentunya dibutuhkan suatu pengembangan kreatifitas dari para pebisnis dalam rangka mengembangkan konsep pemasaran agar menjadi lebih efisien dan mempermudah konsumen. Demi mempertahankan pasar.

Disinlah kreatifitas pebisnis mulai diuji. Salah satunya ialah kegiatan bisnis melalui dunia maya atau biasa dikenal dengan kegiatan bisnis online, yang sedang diminati beberapa tahun belakangan ini yang bermula dari buah pemikiran seorang pebisnis, yang kemudian mulai mengubah cara berbisnis konvensional menjadi cara berbisnis online yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai medianya.
Seiring dengan perkembangannya, berbisnis dengan cara ini mulai memperlihatkan pengaruhnya. Yang ternyata memberikan banyak keuntungan bagi pelaku bisnisnya. Baik dari sudut pandang produsen maupun dari sudut pandang pasar. Yang membuat kegiatan bisnis ini sangat diminati, hingga sekian banyak produsen yang mulai membuka usahanya dengan menempuh jalur ini.
Pada artikel ini akan dibahas sedikit banyak mengenai apakah yang dimaksud dengan kegiatan bisnis online. Serta aspek yang menyebabkan mengapa bisnis ini kemudian akan lebih menguntungkan dibandingakan dengan bisnis secara konvensional jika ditekuni dan dijalankan sesuai dengan ketentuan dan etika berbisnis yang berlaku.

Definisi Bisnis Online
Pada dasarnya kegiatan bisnis online sama seperti kegiatan bisnis lain pada umumnya. Hanya saja ada sedikit perbedaan pada cara promosi, transaksi dan cara pembayarannya. Kegiatan bisnis online adalah merupakan kegiatan berbisnis yang dilakukan dalam dunia maya. Melalui jaringan computer yang tersambung dengan jaringan internet. sehingga dapat saling berhubungan satu sama lain dengan sesama pengguna internet. kegiatan bisnis secara online dapat dilakukan melalui situs situs jejaring sosial seperti facebook, twitter. Friendster, kaskus dan berbagai situs situs lainnya.
gambar 1.1: twitter
gambar 1.2: facebook
gambar 1.3: kaskus

Namun pada dasarnya kegiatan bisnis secara online tidak hanya berkutat seputar memasarkan barang dagangan via internet saja namun juga ada berbagai jenis kegiatan bisnis online yang dikenal saat ini. 

Contoh contoh bisnis online
Beberapa contoh account bisnis online yang umum kita temui di dunia maya diantaranya:

gambar 1.4: contoh contoh bisnis online











Macam Macam Kegiatan Bisnis Online
Kegiatan bisnis secara online atau biasa disebut juga dengan internet marketing, pada dasarnya tidak hanya seputar transaksi suatu barang yang dilakukan dengan media internet. namun proses pencarian keuntungan dengan tanpa menjual barang nyata di dalam internet juga merupakan bisnis online. Sekalipun terkadang sifatnya illegal. Contohnya ialah bisnis online yang dilakukan oleh para spammer yaitu pembuat situs iklan komersial. Berikut ini sedikit banyak merupakan contoh contoh kegiatan bisnis online:

• Paid survey
Adalah merupakan contoh fasilitas dalam kegiatan bisnis yang disediakan oleh suatu perusahaan. Dimana kita dapat mendaftar sebagai member pada perusahaan perusahaan yang menawarkan program paid survey. Kemudian mereka akan memberikan jatah survey setiap kita menyelesaikan setiap survey yang dibatasi perbulannya. Namun situs situs seperti ini banyak yang berupa penipuan. Sehingga kejelasan dalam berbisnis pun adalah merupakan hal penting yang harus diketahui sebelumnya.

• Paid Through Klick (PTC)
Adalah contoh kegiatan bisnis online dimana pembayarnnya dilakukan setiap kali kita mengklik iklan dari suatu pengiklan. Atau biasa disebut dengan iklan komersial. Pada system ini setiap kali meng klik suatu iklan kemungkinan hanya akan mendapatkan keuntungan sekitar 1-2 cent saja. Namun jika banyak orang yang membuka situs tersebut, hasilnya pun dapat menguntungkan. Tentunya hal ini dipengaruhi oleh kemampuan kreatifitas para pembuat iklan dalam membentuk iklannya sedemikian rupa sehingga menarik minat seseorang untuk melihatnya.

• Bisnis online Data Entri
Adalah merupakan salah satu contoh kegiatan bisnis online yaitu dengan cara memberikan tarif atau bayaran saat memperoleh suatu data bagi seseorang, terhadap seseorang yang memasukkan datanya kedalam suatu perusahaan yang menawarkan program data entri.

• Bisnis Online Affiliate Marketing
Juga merupakan salah satu tipe bisnis melalui jaringan internet atau disebut juga bisnis online. Sistemnya ialah dengan cara mendaftarkan diri dalam suatu perusahaan yang memproduksi suatu barang. Untuk ikut memasarkan produk yang ditawarkan. Penghasilannya adalah merupakan pembagian keuntungan antara penjual dan pemilik produk. Beberapa jaringan affiliate yang terkenal diantaranya ialah ebay, clickbank, amazon dll.

Metode Pembayaran Dalam Bisnis Online
Sebagai suatu kegiatan usaha yang aktif di dunia maya. Kegiatan bisnis online dilakukan sedikit berbeda jika dibandingkan dengan kegiatan bisnis secara konvensional dimana pembeli dapat langsung berinteraksi dengan penjual. Pada internet marketing dimana pembeli tidak bertatap muka secara langsung dengan penjual maupun produknya, tentunya terdapat perbedaan terutama dalam hal transaksi pembayaran yang dilakukan.
Dalam bisnis online atau internet marketing. Dikenal beberapa metode pembayaran di dalam bisnsi online. Sebagai suatu kegiatan usaha yang aktif di dunia maya. Beberapa metode tersebut antara lain ialah:

• Rekening Bank
Pada dasarnya system pembayaran melalui rekening bank juga sudah banyak dilakukan pada bisnis offline sekalipun. Namun fasilitas ini juga dikenal dalam bisnis online, bahkan lebih berpengaruh di dalam kegiatan bisnis online karena melalui fasilitas ini kegiatan pembayaran menjadi lebih cepat dan efisien terlebih jika bank local yang dighunakan memiliki fasilitas internet banking. Beberapa bank yang sering dipakai sebagai transaksi diantaranya ialah BCA, Mandiri, BNI dll.

• Paypal
Adalah merupakan alat pembayaran via internet yang cukup dikenal beberapa tahun belakangan. Dengan paypal transaksi pembayaran akan lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan rekening bank. Pada paypal kita dapat memfungsikan nomer rekening sebagai suatu account. Jadi untuk dapt bertransaksi dengan menggunakan paypal maka kita harus memiliki account paypal terlebih dahulu.

• E-Gold
Adalah merupaka salah satu metode pembayaran dalam bisnis online dimana emas yang digunakan sebagai nilai ukur sesuai dengan nilai pasar dunia.

• Western Union
Adalah merupakan metode pengiriman uang dengan cepat dalam jangkauan yang mendunia. Kelebihan pada metode ini ialah. pengiriman cepat, terjangkau dan hanya dibebani biaya materai bagi pembelinya. Western union akan lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan menggunakan cek.

• Liberty Reserve
Adalah merupana mata uang online yang di backup oleh U.S Dollar atau untuk account EURO. Kelebihan dari fasilitas ini adalah kegiatan transaksi menjadi praktis dan cepat juga luas jangkauannya.

Keuntungan Dalam Berbisnis Online
Bisnis online sebagai salah satu alternative yang memberikan kemudahan di dalam pelaksanaan kegiatan bisnis. Tentunya memiliki beberapa alasan yang mendasari mengapa banyak produsen yan g memilih media ini dalam kegiatan bisnis. Ataupun alasan bagi konsumen yang lebih melihat bisnis online sebagai salah satu kegiatan bisnis positif yang menawarkan kemudahan, sehingga diminati bahkan hamper mengungguli pasar konvensional.
Berikut dibawah ini adalah beberapa keuntungan yang mendasari binis online sebagai suatu kegiatan yang diminati dilihat dari sudut pandang produsen maupun dari sudut pandang pasar.
• Keuntungan Bisnis online Bagi Produsen.

 Modal yang dibutahkan relative kecil.
Kegiatan bisnis online dapat dijalankan dimanapun tanpa dibatasi oleh jarak maupun waktu. Seseorang dapat melakukan transaksi kapapun dan dimanapun adalkan terhubung dengan jaringan internet. hali ini tentunya mengurang pengeluaran produsen dalam penyediaan atau penyewaan tempat. Hal ini tentunya sudah sangat menghemat modal. Juga menghemat biaya operasional.

 Pasar yang luas dan tidak terbatas
Bisnis online merupakan bisnis yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Yang terhubung secara langsung melalui internet. dalam jaringan yang luas. Keunggulan teknologi dalam hal inilah yang juga mendasari produsen memilih bisnis online sebagai metode bisnisnya. Karena jaringannya luas maka produsen dapat memperluas pasarnya secara global sekalipun.

 Ketidak terbatasan waktu
Dengan system bisnis secara online pebisnis dapat melakukan transaksi kapanpun tanpa dibatasi waktu. Sehingga bagi orang orang yang memiliki waktu singkat untuk belanja, maka berbelanja melalui took online akan menjadi alternative yang menguntungkan.

 Kemudahan dalam pembayaran
Seperti telah dibahas sebelumnya mengenai berbagai metode pembayaran yang dapat ditempuh dalam bisnis online. Yang menawarkan berbagai kemudahan seiring dengan berkembangnya teknologi. Seperti internet banking maupun paypal. Sehingga meskipun tidak bertemu secara fisik. Pembayaran pun akan tetap dapat dilakukan dengan mudah.

• Keuntungan Bisnis Online Bagi Pasar.
 Proses pemenuhan kebutuhan menjadi lebih mudah
Dengan adanya system belanja yang dapat dilakukan via internet oleh para pebisnis muda. Salah satu keuntungan yang didapatkan bagi pasar ialah kemudahan dan efisensi dari pembelin suatu barang yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

 Mengurangi resiko rusaknya barang pesanan
dengan pembelian barang secara online. Maka konsumen tidak harus pertgi keluar rumah pada saat transaksi terjadi. Hanya dengan memesan lewat internet. malalui metode pembayaran yang ada, maka barang akan dikirimkan dengan aman ke alamat pembeli. Sehingga mengurangi rusaknya barang pesanan di perjalanan.

Etika Berbisnis Dalam Bisnis Online
Sebagai kegiatan bisnis yang aktif di dunia maya, seringkali kegiatan bisnis online dikaitkan dengan berbagai tindak penipuan internet yang juga bertujuan untuk memperoleh keuntungan, atau dikenal dengan sebutan “scam”. Untuk itu dalam proses pelaksanaannya, agar kegiataan bisnis dapat berlangsung dengan baik tanpa merugikan pihak manapun. Yang wajib diperhatikan bagi seorang pebisnis online ialah etika dalam berbisnis.
Etika bisnis lah yang mendasari kegiatan bisnis kita agar tetap berada pada jalur yang legal dengan tidak merugikan pihak manapun. Beberapa etika dalam berbisnis online diantaranya ialah:

• Tanggung Jawab
Yang harus diketahui ialah bahwa, kepuasan konsumen sangat bergantung dari tanggung jawab sebagai seorang pebisnis. Bagai mana mereka tanggap, pemberian service yang baik derta seberapa besar kredibilitas seorang produsen terhadap pelanggan sehingga menimbulkan kesan yang baik dimata konsumen.

• Ramah
Adalah sangat penting bagi konsumen untuk menjaga sikap terbuka dan ramah terhadap konsumen. Meskipun dalam kasus ini produsen dan konsumen tidak bertemu secara fisik namun bentuk keramahan dapat dilihat dari tanggapan penjual terhadap pertanyaan konsumen. Seperti demikian adalah penting untuk mempertahankan pasar dan tidak membuat konsumen berpaling.

• Jujur
Kejujuran merupakan hal mendasar yang dalam pekerjaan apapun, termasuk juga dalam pelaksanaan bisnis online. Yang dituntut ialah bagaimana seorang pebisnis mampu memperoleh keuntungan melalui kepuasan konsumen. Bukanlah keuntungan dari kerugian pihak lain. Ketika dalam pelaksanaannya ada pihak yang dirugikan, dapat jadi pebesnis mengabaikan kejujuran sebagai etika dalam berbisnis dalam kegiatan usahanya.

• Menepati janji
Sebagai suatu bisnis yang berkaitan erat dengan adanya pengiriman barang. Wajib kiranya bagi konsumen dalam mengontrol setiap pesanan yang ada un tuk dapat ditepati sesuai dengan yang dijanjikan kepada konsumen. Hal tersebut merupakan hal tersensitif yang harus diperhatikan. Untuk mempertahankan dan menjaga kepercayaan konsumen.

• Peduli terhadap pelanggan
Merupakan hal yang tidak kalah pentingnya dalam kegiatan bisnis online, saat pebisnis mampu menunjukan perhatiannya terhadap pelanggan. Salah satunya dengan mendengarkan dan menanggapi secara baik kesan maupun tanggapan pelanggan. Dan kemudian mampu memperbaiki kekurangan agar sesuai dengan keinginan pelanggan. Merupakan suatu bentuk kepedulian yang bijaksana dari pebisnis kepada pelanggan.

• Sabar
Keuntungan dari kegiatan bisnis online memang tidak dapat langsung dirasakan manfaatnya. Perlu kesabaran untuk dapat mencapai puncak karir dengan penghasilan yang tinggi. Sehingga sabar merupakan suatu aspek yang penting juga dalam pelaksanaan kegiatan bisnis online. Karena tidak akan terwujud apa yang diharapkan tanpa adanya sebuah kesabaran dan kinerja yang senantiasa ditingkatkan.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar