Senin, 15 November 2010

ERP


ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
                                                                    
Seiring dengan berkembangnya kegiatan bisnis dari masa ke masa, semakin banyak pula inovasi inovasi baru yang bermunculan yang bertujuan untuk menunjang kegiatan manusia dalam dunia bisnis, terutama dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Seperti yang kita ketahui sampai saat ini, teknologi informasi dan kegiatan bisnis merupakan dua hal yang tidak terpisahkan. Bisnis berkembang sejalan dengan berkembangnya teknologi informasi. Sehingga dapat dikatakan bahwa teknologi informasi tidak terpisahkan dari  kegiatan bisnis. Karena saat pebisnis dituntut untuk dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja perusahaannya, atas dasar itulah saat ini banyak bermunculan software software yang mampu menunjang kegiatan. Salah satunya ialah ERP (enterprise resource planning). Yang banyak digunakan oleh perusahaan perusahaan skala besar untuk dapat menunjang kinerja perusahaannya dengan biaya operasi yang minimum.
Definisi ERP
  ERP merupakan suatu kumpulan software dari berbagai fungsi yang berbeda pada suatu perusahaan  yang terintegrasi dalam suatu database terpadu. ERP dirancang untuk dapat mengkoordinasikan sumber daya, informasi dan aktifitas yang diperlukan dalam proses bisnis lengkap. ERP merupakan suatu system yang terintegrasi, sehingga seluruh bagian dari perusahaan dapat saling berhubungan sehingga memiliki control yang baik. Dengan adanya control yang baik, maka arus informasi dari setiap level menejmen dapat berjalan dengan lancer, sehingga proses bisnis pun dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Sehingga saat ini banyak perusahaan perusahaan skala besar yang menggunakan ERP sebagai penunjang kegiatan bisnisnya.

Fungsi ERP
ERP dalam suatu perusahaan ialah untuk sebagai suatu software yang mendukung semua fungsi dari suatu perusahaan dalam skala besar. Software ini juga dapat merespon berbagai perubahan yang dibutuhkan oleh perusahaan dan dapat di costumize sesuai dengan bidang perusahaan tersebut. Sehingga dengan menggunakan software ini suatu perusahaan dapat memperkecil biaya operasi serta dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja perusahaan. Karena kemampuannya dalam mengintegrasi berbagai fungsi dari perusahaan, fleksibilitasnya serta feature  yang komprehensif.
Sehingga fungsi ERP dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian. Diantaranya ialah dalam fungsi perencanaan, fungsi manajmen dan stok  barang, fungsi keuangan, fungsi pembelian, dan fungsi produksi.
Dalam fungsi perencanaan. Dengan menggunakan ERP akan lebih mempermudah dalam memeriksa ketersediaan stok barang misalnya ataupun dalam hal menganalisa grafik kebutuhan barang secara dengan  baik.
Selanjutnya dalam fungsi manajmen dan stok barang ERP dapat memudahkan dalam hal mengontrol stok barang, mengatur pengadaan barang ataupun pengiriman dan penerimaan barang serta menganalisa dan mengatur informasi seputar biaya produksi. Dengan adanya sisrtem ERP yg mengintegrasi semua kegiatan ini. Maka akan lebih meminimalisasi kesalahan (human error) sehingga kinerja perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien.
Dalam fungsi keuangan. ERP berperan dalamhal membuat budget dan memonitor aliran dana serta memproses hutang dan puitang dagang yang dilakukan oleh suatu perusahaan. Sampai kepada penyusunan buku besar hingga menganalisa pengeluaran yang diperuntukkan bagi pemakaian barang untuk perusahaan, pengeluaran untuk tenaga kerja hingga produksi semua dapat diselesaikan melalui system ini.
Pada fungsi pembelian, keunggulan ERP dapat dilihat pada kemampuannya dalam mengatur berbagai kegiatan perusahaan seperti mengatur harga, membuatr order pembelian secara otomatis serta mampu mengorganisasikan dan mengatur informasi mengenai supplier. Semua dapat dilakukan di dalam satu system tersebut.
Fungsi selanjutnya adalah fungsi produksi. System ERP pun mampu menangani setiap tingkatan pekerjaan pada perusahaan sampai kepada fungsi produksinya. Berbagai macam pekerjaan yang dapat dilakukan melalui system ini diantaranya adalah dalam hal membuat perencanaan dan penjadwalan operasional produksi. Membuat dan memerikasa barang barang yang disorder oleh konsumen hingga mengawasi system produksi. Selain itu dalam hal mengatur barang dan peralatan pun dapat dilakukan melalui system ERP.
Dari berbagai macam fungsi diatas dapat membuktikan betapa dengan adanya teknologi informasi yang memadai, maka kegiatan manusia manjadi lebih mudah. Dengan ini ERP tercipta sebagai suatu system yang memberikan kemudahan bagi suatu perusahaan bisnis dalam melakukan kegiatan produksinya, dengan berbagai macam keunggulan yang dimilikinya.
Kelebihan ERP
Bebrapa kelebihan pada system ERP yang memberikan kepercayaan pada suatu perusahaan untuk menggunakan software ini dalam menunjang kegiatan bisnisnya diantaranya ialah. karena akses informasi pada ERp dapat dipercaya, system ERp juga dapat mengurangi biaya pengoperasiaan, karena hanya dengan satu system maka seluruh kegiatan perusahaan sudah dapat terintegrasi dengan baik, selain itu ialah penghematan waktu. Kerja system ini lebih cepat jika dibandingkan dengan pekerjaan yang dikerjakan secara manual. Sehingga proses produksi pun dapat berjalan lancar dengan biaya yang minimal.
Keunggulan selanjutnya ialah. karena seluruh pekerjaan terintegrasi dalam suatu database yang sama, maka dapat meminimalisasi adanya pemasukan data berkali kali. sehingga akan lebih menguntungkan pada saat pengoperasiaan karena meminimalisasi terjadinya human error.
ERP juga dapat meminimalisasi penarikan dan penampilan data sehingga dapat mengurangi jeda waktu penampilan informasi dan laporan sehingga pekerjaan menjadi lebih efisien.Selain itu akses informasi yang didapat pun akan lebih dapat dipercaya.
Dari berbagai alasan diatas dapat disimpulkan bahwa, ERP dapat menunjang kegiatan bisnis suatu perusahaan melalui kelebihan yang dimilikinya.
Kekurangan ERP
Namundalam pelaksanaanya. Terdapat pula beberapa kekurangan ERP yang menimbulkan suatu pertimbangan bagi perusahaan sebelum menggunakannya. Beberapa kekurangan tersebut diantaranya ialah karena system ERp sangat mahal. Meskipun pada akhirnya dengan system ini kegiatan usaha menjadi lebih menguntungkan. Namun tetap saja bagi perusahaan perusahaan yang belun cukup besar, harga system ERP masih menjadi pertimbangan.
Selain  itu. ERP tidak fleksibel, tidak dapat menyesuaikan terhadap alur kerja dan proses bisnis yang sedikit berbeda pada suatu perusahaan dalam beberapa organisasi tertentu
ERP juga tergantung pada suatu vendor sehingga memerlukan waktu yang lama untuk support Dari satu vendor tertentu yang mengimplementasikan ERP di dalam suatu perusahaan.
System pada ERP juga terlalu kompleks. Sementara pada kenyataannya kebutuhan pelanggan tidak sekomleks itu. Hal ini pun sering menjadi suatu kendala.
Selain itu ialah, Karena semua data pada sistem ERP tersimpan didalam suatu database terpadu. Maka jika sewaktu waktu terjadi pembobolan keamanan dan kehilangan salah satu informasi penting perusahaan. Maka dapat mengacaukan seluruh kegiatan perusahaan.
dari berbagai data diatas disimpulkan bahwa ternyata dibalik kelebihannya ERP juga memiliki beberapa kekurangan yang menimbulkan suatu pertimbangan bagi suatu perusahaan untuk menggunakannya.





 




1 komentar: