Sabtu, 30 Oktober 2010

STUDENTSITE GUNADARMA


APAKAH STUDENTSITE GUNADARMA ITU??

Beberapa tahun belakangan ini, teknologi informasi bukanlah menjadi sesuatu yang asing dalam kehidupan, bahkan sudah melekat kuat dan tidak dapat terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Entah masalah apa yang tidak dapat diselesaikan melalui teknologi informasi dengan jaringan luas tanpa batas ini. Seiring dengan perkembangannya, banyak tercipta pula buah karya manusia sebagai sebuah bentuk inovasi, dengan tujuan untuk memudahkan kehidupan manusia.
Berdasarkan kenyataan diataslah Gunadarma sebagai universitas bertaraf dunia dalam bidang teknologi informasi, turut ikut serta berperan dalam memajukan teknologi informasi dan komunikasi Indonesia. Melalui berbagai system yang dimilikinya, dalam rangka memudahkan aktivitas mahasiswanya. Dalam berbagai situs pelayanan dan informasi mahasiswa. Salah satunya ialah situs http://studentsite.gunadarma.ac.id
Studentsite Gunadarma merupakan suatu system resmi mahasiswa gunadarma. Seluruh mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa aktif di Gunadarma wajib memiliki studentsite.  Studentsite gunadarma mengintegrasi seluruh pelayanan akademik bagi mahasiswa dari mulai pelayanan administrasi hingga segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar dikelas, seperti tugas dari dosen, semua dapat diakses melalui studentsite.
Banyak hal yang dapat diakses melalui studentsite, dari mulai jadwal kuliah, jadwal ujian, lecture message, rangkuman nilai hingga forum bagi mahasiswa yang aktif dalam kegiatan kemahasiswaan dapat berkomunikasi melalui studentsitenya masinh masing.
Studentsite Gunadarma dibuat dengan system log in. seluruh mahasiswa wajib memiiki account pribadi pada situs ini.dengan studentsite masing masing mahasiswa dapat terhubung secara langsung dengan pengajar pengajar di gunadarma yang tergabung didalam system serupa yaitu staffsite. Yang diperuntukkan bagi staff pengajar di gunadarma.
Banyak keuntungan yang didapatkan melalui adanya studentsite sebagai sarana penunjang kegiatan mahasiswa diantaranya ialah.
Kelebihan
Peda dasarnya, situs ini diciptakan dalam rangka memudahkan mahasiswa dalam melakukan aktivitas aktivitas perkuliahannya di universitas gunadarma.berbagai kemudahan yang didapatkan mahasiswa di dalamnya diantaranya ialah kemudahan bagi siswa dalam mengirim tugas kepada dosen. Hanya dengan menggunakan account studentsite siswa dapat memenuhi kewajibannya untuk menyerahkan tugasnya pada dosen dengan mudah kapanpun dan dimanapun, sdelain itu ialah kemudahan dalam hal penulisan. Dengan adanya studentsite, hanya dengan mencopy URL dari hasil penulisan mahasiswa pada studentsite, maka secara langsung hasil tulisan mahasiswa akan terhubung dengan system di gunadarma sehingga memudahkan dalam hal penilaian.
Berbagai informasi lain seputar perkuliahan seperti jadwal kuliah, jadwal ujian maupun pengumuman workshop dapat diakeses seluruhnya melalui studentsite. Sehingga siswa dapat dengan mudah mengetahui bila ada perubahan jadwal ataupun pengumuman penting lainnya dengan mudah, kapan saja dan dimana saja.
Dengan adanya studentsite. Mahasiswa diruntut untuk lebih mandiri dalam menyelesaikan persoalan persoalan seputar dunia perkuliahan. Mahasiswa juga dituntut untuk lebih aktif dalam mencari informasi yang tidak disampaikan secara langsung. Namun semuanya dapat diakses melalui studentsite.

Kekurangan
pada dasarnya pada system ini tidak ada kekurangan yang berarti. Sejauh ini studentsite dapat diakses dengan baik. Hanya saja terkadang memungkinkan adanya suatu kendala. Contohnya ialah pada pengiriman email. Pada studentsite tidak memunculkanb sent itemsnya. Sehingga terkadang ada kesulitan untuk mengetahui. Apakah naskah yang dikirim sudah terkirim kepada yang dituju atau belum.
Selain itu, dengan adanya studentsite mahasiswa dituntut untuk lebih aktif membuka situs ini, sehingga bila kurang aktif maka, mahasiswa akan banyak tertinggal informasi seputar kegiatan perkuliahannya.

Secara keseluruhan, masih banyak beberapa fasilitas pelayanan bagi mahasiswa yang disediakan oleh gunadarma. Selain studentsite ada pula situs http://baak.gunadarma.ac.id , yaitu situs yang berisi informasi mengenai kegiatam belajar mengajar dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa.
Ada pula http://elearning.gunadarma.ac.id  . Yaitu suatu situs yang mendukung metode pembelajaran secara virtual bagi mahasiswa. Mengingat pentingnya teknologi informasi dan kominikasi dewasa ini penting untuk diketahui.
Selanjutnya ialah situs http://ugip.gunadarma.ac.id. Yaitu merupakan suatu situs yang memberikan informasi berupa jadwal kuliah, ruang kerja dosen hingga informasi kursus serta luwongan pekerjaan.
Universitas Gunadarma, sebagai Unifersitas berbasis teknologi Informasi dan komunikasi juga menyediakan fasilitas perpustakaan secara online. Situsnya ialah http://library.gunadarma.ac.id
Dan masuh banyak fasilitas lainnya yang disdiakan gunadarma melalui situs situs gunadarma. Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat di http://ugpedia.gunadarma.ac.id , situs ini menyediakan berbagai informasi mengenai Universitas Gunadarma.
Beberapa fasilitas pelayanan mahasiswa lainnya dapat dilihat pada:
          UG BAAK
         UG Help desk
         UG Journal
         UG Library
         UG OCW
         UG SAP
         UG Seminar
         UG Virtual Class


Tidak ada komentar:

Posting Komentar