Jumat, 24 September 2010

Definisi Sistem Operasi dan Macam-macam Sistem Operasi

System operasi atau dalam bahasa inggris operating system, merupakan perangkat lunak  atau sekumpulan perintah dasar pada computer yang bertugas untuk melakukan control dan menejmen perangkat keras dan juga operasi dasar system seperti menjalankan software aplikasi untuk program pengolah data pada computer dan  browser web.
System operasi juga berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan software, dan juga bertugas untuk melakukan perintah perintah penting dalam dalam computer serta menjamin aplikasi aplikasi yang berbeda fungsinya agar dapat berjalan secara bersamaan dan tanpa hambatan.
System operasi computer merupakan software pada lapisan pertama yang di letakkan pada memori computer pada saat computer di nyalakan, sementera software software lainnya dijalankan setelah system operas computer berjalan.
Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:                                 
1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
2. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
Seiring dengan berkembangnya Sistem Operasi, semakin banyak lagi layanan yang menjadi layanan inti umum. Kini, sebuah OS mungkin perlu menyediakan layanan network dan koneksitas internet, yang dulunya tidak menjadi layanan inti umum. Sistem Operasi juga perlu untuk menjaga kerusakan sistem komputer dari gangguan program perusak yang berasal dari komputer lainnya, seperti virus.



CONTOH CONTOH SISTEM OPERASI

1.      DOS (Disk operating system)
merupakan salah satu software yang termasuk dalam golongan system operasi. Disk Operating System dipakai pada media penyimpan disk, baik disket maupun harddisk
Beberapa produk DOS sampai saat ini adalah  DOS 1.0, DOS 2.0, DOS 3.0, DOS 3.1,DOS 3.2, DOS 4.0, DOS 5.0, DOS 6.0..

2.      WINDOWS
Sistem operasi windows pertama kali diperkenalkan tahun 1985.  Semulanya sistem operasi windows ini diperkenalkan dengan nama  Interface Manager. sehingga diperkenalkan sistem operasi windows versi 3.0 pada bulan mei 1990.
          Beberapa keunggulan windows :
1.      Tampilan grafik yang lebih menarik karena berbasiskan Graphical User interface (GUI)
2.      Adanya standarisasi proses artinya pemakai akan lebih mudah menggunakannya tanpa perlu menghafal.
3.      Kemudahan proses artinya dengan memakai sistem operasi ini suatu data dapat dipakai bersama dan dapat dipindahkan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan mudah.
4.      Investasi yang menarik, artinya semaikin banyak produk software yang mendukung sistem operasi ini.
5.      fasilitas multithreading dan pre-emptive multitasking sehingga kinerja multitasking lebih reponsif. Dengan fasilitas ini beberapa program dapat dijalankan secara bersamaan

3.      UNIX
adalah nama system operasi yang dapat diterapkan pada berbagai jenis mesin. Sistem operasi UNIX ini diperkenalkan pertama kali oleh AT&T Bell Laboratory untuk pemakaian komputer dalam bentuk jaringan khusus.
Berbagai versi UNIX
AIX-IBM, A/UX-apple, BSD-university of California, DG/UX-data general, HP/UX-hawlwtt-packard, MX/UX-NEC,PC/IX-interactive system corporation, SCO UNIX-SCO, SINIX-siemens. ULTRIX-DEC dll
Beberapa sifat dan keistimewaan UNIX :
1.      Portabilitas
Sistem UNIX mudah diadaptasikan ke system komputer yang lain
2.      Multiuser
Sejumlah pemakai (user) dapat menggunakan istem secara bersamaan dan berbagi sumber seperti penggunaa  printer, disk, dll.
  1. Multitasking
Kemampuan system operasi yang memungkinkan seseorang dapat melaksanakan beberapa tugas pada saat yang bersamaan
  1. Sistem File Hirarkikal
Pengorganisasian informasi atau data dalam bentuk yang mudah untuk diingat dan diakses.
Kelemahan system UNIX diantaranya adalah Visualisasinya tidak menarik, memory yang digunakan besar.
4.       NOVELL OPERATING SYSTEM
Dibuat oleh Novell Corporation. Sistem operasi yang dulu pernaha digunakan oleh Fakultas MIPA UGM untuk Entry Key-In KRS mahasiswa.

5.       APPLE MANCHITOS
System operasi yang unggul dalam hal grafik. Memerlukan hardware khusus sehingga tidak dapat di-install di computer biasa. Versinya antara lain Mac OS X (Tiger), Leopard.


6.      LINUXPertama kali dikembangkan oleh Linus Torvald. Merupakan sistem operasi open source artinya bisa dikembangkan oleh semua orang dengan bebas. Turunan linux atau yang dikenal dengan distro linux banyak sekali macamnya. Mungkin linux merupakan sistem operasi yang paling banyak. Beberapa di antaranya yaitu: Debian, Suse, Red Hat (Fedora), Slackware, Ubuntu, Backtrack, dan lain-lain.

7.       SOLARIS
Dikembangkan oleh Sun Microsystem. Lebih banyak digunakan untuk perusahaan.


8.       FREE BSD
Dibuat oleh Universitas Berkeley. Hampir sama seperti linux.



Sistem Operasi untuk handphone:
1. SYMBIAN
Sistem operasi yang populer di kalangan para pengguna handphone. Kebanyakan handphone nokia menggunakan symbian sebagai sistem operasi. Versinya antara lain S40, S60, S9
2. MICROSOFT WINDOWS MOBILE
Sistem operasi yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk smartphone dan PDA. Tampilannya hampir sama dengan Windows pada komputer.
3. PALM OS
Sistem operasi yang digunakan pada PDA keluaran PALM.
4. ANDROID
Sistem operasi untuk handphone yang akan diluncurkan Google. Android berbasis Linux sehingga termasuk open source.

Referensi:                                                                                                                        
 mail.undiksha.ac.id/e-learning/staff/mhsfiles/4/0805021074-1.doc
journal.mercubuana.ac.id/data/JENIS%20OS.doc






Tidak ada komentar:

Posting Komentar